Cara Memilih Topik Yang Tepat Untuk Blog

Dalam membangun sebuah blog yang sukses membutuhkan komitmen dalam waktu dan usaha. Blog tidak serta merta sukses dalam waktu dekat jika kita tidak memiliki komitmen yang kuat dengan usaha kita.

Yang saya maksud komitmen disini, sebagai pemilik blog kita harus komitmen untuk terus menghadirkan konten-konten yang menarik untuk para pengunjung setia blog.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memilih topik yang tepat untuk diunggah di blog.

1. Pilih Topik Sesuai Passion

Blog yang sukses adalah blog yang selalu diperbaharui kontennya. Kalau kamu ingin blog yang kamu bangun sukses, maka kamu perlu untuk menjaga konten yang ada dalam blog selalu segar atau selalu ada yang baru.

Untuk itu, pastikan topik konten yang kamu unggah dalam blog benar-benar yang kamu sukai dan nikmati. Kalau tidak begitu, kamu akan cepat bosan ketika menulis untuk blog dan tidak lagi termotivasi untuk selalu menghadirkan yang baru di blog.

2. Pilih Topik Yang Disukai Pembaca

Blog yang sukses biasanya ada komunikasi dua arah antara pemilik blog dengan para pembaca. Ketika pembaca meninggalkan komentar pada salah satu konten di blog atau bahkan sampai mengirimkan email untuk menanyakan topik tersebut secara rinci, itu berarti ada ketertarikan lebih untuk mengetahui secara rinci topik yang sedang kamu bahas di blog.

Jika hal tersebut terjadi maka berlakulah responsif dan segera balas komentar atau email mereka dengan menghadirkan konten yang membahas secara rinci apa yang ditanyakan.

3. Jangan Pilih Topik Yang Menimbulkan Perdebatan

Pembaca blog terdiri dari beragam lapisan masyarakat dengan berbagai pendapat. Seiring dengan perkembangan blog yang kamu rintis, pasti tidak semua orang sependapat dengan apa yang kamu tulis.

Maka dari itu, hindari topik-topik yang bisa menimbulkan perdebatan sengit antara pemilik blog dengan pembaca atau pun pembaca dengan pembaca lainnya.

4. Jangan Pilih Topik Yang Sensitif

Jika blog yang kamu buat sudah semakin populer, bukan tidak mungkin ada pembaca yang sangat tidak setuju dengan apa yang kamu tulis di blog. Untuk itu saya sarankan untuk tidak memilih topik-topik yang sensitif untuk diunggah pada blog.

Topik yang sensitif contohnya tentang agama, jika pembaca blog tidak sependapat dengan apa yang kamu tuliskan, bukan tidak mungkin mereka akan menyerang pribadimu secara membabi buta.

5. Pilih Topik Sedang Nge-Tren

Pilihlah topik yang lagi ngetren atau banyak dicari oleh orang di mesin pencari seperti Google. Bagaimana caranya? Kamu bisa mencari topik apa yang sedang tren dan ramai dibahas oleh netizen di Google Trends. Disana kamu bisa mencari topik apa yang sedang tren sesuai dengan kategori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *