Tujuh Langkah Mudah Membuat Website

7 Langkah Mudah Membuat Website

Kamu berada di tempat yang tepat jika ingin belajar membuat sebuah website. Di era modern seperti sekarang ini, website adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki baik oleh perusahaan maupun perseorangan yang ingin memasarkan produk dan layanan mereka di dunia maya atau internet.

Bagi perusahaan, dengan adanya website perusahaan atau yang lebih sering disebut website company profile, menunjukan bahwa perusahaan tersebut memang dapat dipercaya, memiliki produk dan layanan yang jelas serta informasi penting lainnya seperti alamat kantor tersedia di website resmi perusahaan.

Membuat website bukanlah hal yang sulit, berikut saya rangkum tujuh cara mudah membuat website.

Siapkan Hosting

1. Siapkan Hosting Untuk Website

Hosting adalah komponen yang penting dalam pembuatan website. Dalam dunia nyata hosting diibaratkan sebagai satu petak tanah, dimana nantinya kita bisa membangun sebuah website (atau rumah) beserta isinya seperti artikel, gambar, dokumen dan lainnya.

Ada beberapa jenis hosting yang bisa kamu pilih, ada yang berbayar ada pula yang gratisan. Tetapi disini saya tidak menyarankan untuk menggunakan hosting gratisan. Kenapa? Karena biasanya hosting gratisan memberikan kapasitas yang terbatas dan akses yang tidak stabil.

2. Beli Nama Domain Sesuai Kebutuhan

Nama domain adalah URL yang memudahkan kita mencari website. Domain biasanya dituliskan di addres bar Browser. Berikut ini contoh nama domain:

  • rizqisah.com
  • google.com
  • facebook.com

Dalam dunia nyata, nama domain diibaratkan seperti alamat rumah, dimana kita bisa dengan mudah mencari rumahnya (website di dunia maya).

Nama domain biasanya dijual mulai dari Rp 120.000 – Rp 500.000. Untuk membelinya, saya sarankan untuk menghubungi penyedia layanan hosting yang sudah profesional seperti Niagahoster, Rumahweb, DomoSquare dan lainnya daripada membeli ke perseorangan yang ada di komunitas.

3. Rencanakan Website

Sebelum membuat website, tentukan lebih dulu jenis, desain serta konten yang akan kamu hadirkan di website.

  • Jenis: Tentukan lebih dulu jenis website yang akan kamu buat. Jenis website diantaranya adalah portal berita, company profile, toko online dan lainnya. Jenis website akan mempengaruhi desain sebuah website.
  • Desain: Tampilan atau desain sebuah website akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung. Semakin bagus dan fungsional desain website yang kamu buat, pengunjung akan semakin nyaman dan lebih lama saat mengunjungi website yang kamu buat.
  • Konten: Pepatah menyebutkan “Konten adalah Raja”. Konten yang berkualitas dalam website memiliki peran penting dalam kesuksesan sebuah website. Konten tersebut meliputi teks, audio maupun video. Nah, sebelum membuat website pastikan kamu sudah memiliki strategi yang jelas untuk konten yang akan dimuat dalam website.

4. Mulai Membuat Website

Jika kamu sudah menyiapkan hosting, domain dan menentukan perencanaan website, kini saatnya melakukan pembuatan website. Untuk membuat website, ada beberapa hal yang harus kamu kuasai dan siapkan. Diantaranya adalah:

  • Belajar HTML: HyperText Markup Language atau lebih dikenal HTML merupakan salah satu bahasa pemrograman dasar yang harus kamu kuasai. Meskipun banyak konten manajemen sistem yang bisa kamu gunakan tanpa harus menguasai kode secara dalam, HTML tetaplah kode dasar yang harus kamu pelajari agar lebih mudah dalam pembuatan website.
  • Belajar CSS: Crascading Style Sheets atau CSS juga salah satu kode dasar yang harus kamu pelajari untuk membuat website. Kode CSS berfungsi untuk mengatur desain atau tampilan website.
  • Siapkan Kode Editor: Kode editor adalah aplikasi yang akan digunakan untuk membuat website. Setiap orang pasti akan menggunakan kode editor yang berbeda-beda, hal tersebut sesuai dengan kenyamanan.

Publikasikan Website

5. Publikasikan Website

Jika website yang kamu buat sudah jadi, kini saatnya untuk mempublikasikan website secara online atau lebih tepatnya mengunggah kode website ke hosting yang sudah kamu siapkan diawal.

Kamu bisa mempublikasikan website melalui layanan FTP (File Transfer Protocol) atau bisa juga langsung mengunggahnya melalui Cpanel yang sudah diberikan oleh penyedia hosting.

Promosikan Website

6. Promosikan Website

Website sudah jadi dan dipublikasikan, kini saatnya untuk mempromosikan website agar lebih banyak pengunjung yang datang.

Salah satu cara untuk mempromosikan website adalah mengoptimalkan mesin telusur atau lebih dikenal SEO (Search Engine Optimized). SEO memungkinkan website yang kamu buat bisa ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari informasi, layanan ataupun produk yang tersedia di website.

Tidak hanya menggunakan teknik SEO, website yang sudah kamu buat juga bisa dipromosikan melalui sosial media populer seperti Facebook, Instagram ataupun Twitter.

Perawatan Website

7. Perawatan Website

Membuat website adalah hal yang mudah, tetapi yang sulit ada perawatannya. Sekarang ini banyak website yang sudah dibuat dan tidak terurus, sehingga konten-konten yang ada di website tidak ter-update.

Perawatan website termasuk pengecekan berkala untuk memastikan website yang sudah kita buat berjalan normal. Selain itu, dalam masa perawatan kamu juga bisa menambahkan beberapa fitur baru pada website agar pengunjung tidak bosan dengan fitur yang itu-itu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *